Kamis, 15 Februari 2018

10 Jenis Pekerjaan yang Bisa Bawa Kamu Jalan-Jalan ke Berbagai Tempat

Sumber Google


Saya punya teman kuliah bernama Ilma. Saat menginjak semester terakhir, saya diajak Ilma bergabung sebagai petugas Quick Count. Saya dibiayai oleh lembaga survey untuk ke luar kota dan jobdesknya pun cukup mudah. Tentu sangat menyenangkan, apalagi saya diberikan uang transport untuk ke luar kota. Seru pokoknya!

Ketika sudah lulus, saya juga sempat ditawari proyek untuk mengambil data penelitian. Akhirnya berangkatlah saya ke luar kota (waktu itu ke Bandung) untuk melakukan tugas pengambilan data penelitian. Di waktu yang sama, teman saya si Ilma tadi mendapatkan proyek enumerator ke luar pulau (Sumbawa). Akhirnya kami pun bisa jalan-jalan, saya di Indonesia bagian barat sedangkan Ilma bagian timur.

Seiring bertambahnya link, saya menyadari ada banyak pekerjaan yang membuat kita bisa jalan-jalan ke berbagai tempat dan itu gratis. Beberapa pekerjaan tersebut antara lain:

  1. Petugas Quick Count

Ini adalah pekerjaan yang saya singgung di depan. Sebenarnya termasuk pekerjaan yang jarang karena memang baru ada ketika musim pemilu, hehe. Tapi pekerjaan sampingan ini cukup menjanjikan karena kamu hanya perlu duduk berada di tempat pemilihan lalu ketika hasil pemungutan diumumkan kamu tinggal memberikan laporan ke pusat melalui sms. Kamu nggak perlu khawatir masalah hak memilih. Waktu itu saya bisa menggunakan hak di lokasi pemilihan. Ya meskipun saya merasa sendirian berada di tempat asing, tapi nggak papa lah!

2. Enumerator
Pekerjaan ini banyak digandrungi freshgraduate dan bisa bertahan bertahun-tahun. Dari segi lingkungan kerja memang agak berat karena kamu harus berada di lokasi pengambilan data selama berbulan-bulan. Tapi buat kamu yang menyukai tantangan pasti suka. Kebanyakan proyek enumerator berada di wilayah Indonesia timur yang tentu pemandangannya membuatmu betah. Oh ya, sebenarnya pekerjaan ini pun bisa membuatmu kaya mendadak, hanya saja nggak ada jaminan diangkat karyawan tetap. Jadi buat kamu yang menginginkan kestabilan dalam karir, sepertinya jenis pekerjaan ini nggak cocok buatmu. Tapi kalau untuk cari pengalaman, boleh lah dicoba!

3. Pendidik
Pendidik yang saya maksud di sini adalah mereka yang tergabung dalam Indonesia Mengajar dan SM3T. Pendidik dituntut tinggal di lokasi terpencil kurang lebih satu tahun. Di sinilah kamu bisa sekalian jalan-jalan gratis. Tentu lokasi yang dipilih adalah lokais terpencil yang jauh dari tempat tinggalmu. Ini kesempatan baik buat kamu menikmati suasana yang lebih segar.

4. Pengawas
Ada banyak posisi dalam suatu perusahaan, salah satunya pengawas. Di beberapa perusahaan, suatu posisi memang bisa memiliki jobdesk yang sama tapi nama berbeda. Kalau di perbankan sendiri pengawas disebut Tim Fraud. Kalau kamu mau keliling Indonesia, bisa nih memilih posisi Fraud. Tapi kamu harus duduk di kantor pusat agar wilayah kerjanya bisa sampai ke luar kota hingga pulau.  

5. Bisnis Development
Posisi perusahaan yang membuatmu bisa jalan-jalan gratis selain pengawas adalah posisi di bidang bisnis. Ya, meskipun pekerjaan yang berurusan dengan target pemasaran sangat berat, tapi posisi ini sangat menguntungkan buat kamu yang doyan jalan-jalan. Ketika kamu ditugaskan untuk meninjau target bisnis di kantor cabang, kamu bisa melakukannya sembari jalan-jalan. Kan lumayan, udah dibiayai tiket pesawat dan hotel gratis, hehe. Tapi perlu diingat, untuk ini kamu harus duduk di kantor pusat, minimal kantor wilayah lah.

6. Pembawa acara tv
Sejak punya teman yang bekerja di salah stau televisi swasta, saya sering dapat info tentang peluang menjadi host acara tv. Kebetulan host tv yang selalu dicari teman saya adalah seputar acara jelajah alam. Ketika acaranya sudah tayang, menyangkan rasanya. Dia bisa jalan-jalan keliling Indonesia, gratis, dinabar, dan jadi terkenal, hehehe. Nah, buat kamu yang mau jadi seleb, mungkin selain dari instagram bisa dimulai dari host tv seperti ini. Saratnya memiliki penampilan menarik, ramah, punya kemampuan komunikasi yang baik, sehat fisik dan jasmani, dan tentu saja gila travelling.  

7. Travel Blogger
Perkembangan teknologi nggak lantas mengurangi lahan pekerjaan penulis. Sebaliknya, penulis justru diuntungkan di sini. Kamu bisa berkecimpung di blog. Adapun jenis tulisan di blog bisa bermacam-macam. Buat kamu yang suka traveling, bisa jadi Travel Blogger yang kerjaannya jalan-jalan lalu menuangkan dalam tulisan. Darimana dapat uangnya? Nah, kalau tulisanmu menarik pasti banyak yang baca. Dari situ blogmu dikunjungi banyak orang dan menarik orang untuk memasnag iklan di blogmu. Kamu juga bisa ditawari untuk menulis tentang suatu tempat yang pasti kamu nggak perlu keluar biaya lagi.

8. Travel agent
Bekerja di bidang travel, entah itu travel consultant ataupun travel agent, tentu sangat cocok buat kamu yang suka jalan-jalan. Nggak perlu diragukan lagi, kamu bisa jalan-jalan dibayarin kantor. Caranya, tentu saja dengan ikut grup tour-mu.

9. Pelayaran
Kalau pingin jalan-jalan ke luar negeri gratis dan dibayar, bekerja di pelayaran jawabnya. Saya punya teman yang bekerja di pelayaran. Negara mana saja yang sudah dikunjunginya, jangan ditanya! Bisa dikatakan dia sudah keliling dunia! Ada beragam pekerjaan di dunia pelayaran, bagian teknisi mesin, tukang masak, pelayan, dan lain sebagainya. Teman saya sendiri menjadi pelayan restoran di pelayaran.

10. Pekerja Seni
Saya punya teman yang saat ini masih terus mengeksplore bakat seninya di bidang tari. Di bulan Agustus yang banyak event, tentu dia kebanjiran proyek dari Dinas Kebudayaan. Jadi dia sering menampilkan tari sampai ke luar kota, entah itu pertunjukan atuapun lomba. Dia juga pernah di Palembang karena ditunjuk dinas untuk bergabung dalam Sriwijaya Festival. Senangnya bisa jalan-jalan ke Sumatra gratis.

Ternyata cukup banyak bukan, pekerjaan yang membuatmu bisa jalan-jalan gratis? Saat ini kamu nabung biar bisa liburan? Hemmm, sepertinya bekerja agar sekalian bisa liburan boleh dicoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar