Senin, 19 Februari 2018

Sisa Cuti Habis, Bisa Liburan Murah ala ‘One Day Trip’

 Doc Pribadi

Enaknya punya jatah cuti tahunan adalah kamu bisa piknik yang jauh sampai berhari-hari. Tapi bukan berarti jika jatah cuti habis, kamu nggak bisa traveling juga. Meski nggak bisa lama dan jauh, kamu tetap bisa liburan murah dengan ‘One Day Trip’. Tertarik mencoba?

Meski nggak bisa sepuas seperti saat cuti, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan dari ‘One Day Trip’. Karena nggak harus menunggu cuti, kamu bisa melakukannya kapan saja, seperti saat weekend, jadi nggak harus menyesuaikan jatah cuti partner traveling. Dalam hal bujet juga lebih ringan karena nggak harus mengeluarkan biaya untuk menginap. Piknikmu pun lebih efisien baik waktu, tempat dan biaya.

Untuk melakukan ‘One Day Trip’ ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

1. Menggunakan jasa agen operator/trip organizer
Jika kamu malas untuk ribet, kamu bisa menggunakan jasa agen seperti ini. Namun, kamu harus mengikuti jadwal dari mereka yang tentu saja nggak sebebas jika kamu menysusun sendiri. Kadang kamu harus mengeluarkan biaya yang lebih besar dibandingkan melakukan perjalanan sendiri. Sebaiknya kamu memerhatikan poin ini, ya!

2. Bergabung dengan komunitas One Day Traveling
Dengan bergabung di komunitas ini, kamu akan bertemu dengan lebih banyak orang yang memiliki hobi sama denganmu. Ini akan memudahkan kamu, jika ingin traveling. Mereka bisa menjadi teman atau pemberi saran yang baik untuk perjalananmu.

3. Menyusun itinerary/jadwal seefisien mungkin
Agar berjalan efisien dalam artian kamu bisa menjelajah beberapa objek wisata dalam satu hari, ada baiknya kamu membuat itinerary terlebih dahulu.  Dalam jadwal yang kamu buat, pastikan kamu juga memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Memang terkesan akan membatasi waktumu, tapi itu lebih baik daripada kamu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk berfoto ria di satu tempat saja.

4. Berangkat dari subuh
Berangkat dari subuh akan membuat kamu punya waktu yang lebih banyak di tempat liburan. Tenaga dan pikiranmu pun masih segar. Dengan berangkat subuh juga membuat waktu piknikmu semakin lama. Namun, jangan lupa sarapan terlebih dahulu agar selama perjalanan kamu memiliki cukup tenaga.

5. Pilih lokasi wisata yang saling berdekatan
Berencana mengunjungi objek wisata yang agak jauh dari rumah sebenarnya boleh-boleh saja, ya. Namun yang penting adalah pilih objek wisata di mana lokasinya berdekatan dengan objek wisata lainnya. Hal ini membuatmu tidak akan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk perjalanan. Kan sayang kalau waktu liburannya habis di jalan! 

6. Pilih objek wisata yang berbeda jenis
Iya, sangat disarankan untuk memilih objek yang berdekatan dengan objek lainnya. Namun, perhatikan juga jenis objek wisata. Jika tujuan pertamamu sudah bernuansa alam seperti air terjun, ada baiknya destinasi selanjutnya adalah objek bernuansa budaya. Sebagai contoh candi atau museum. Masih satu jenis objek wisata alam pun tidak masalah, asalkan bukan lagi air terjun. Misalnya saja wisata pantai, gua, dan lain sebagainya.

Gimana, cukup menarik bukan? ‘One Day Trip’ ini sangat cocok untuk kamu lakukan setelah penat dengan rutinitas kantor. Jangan panik, mari piknik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar