Rabu, 14 Februari 2018

Kalau Kamu Baru Pertama kali Traveling ke Luar Negeri Sendirian Perhatikan 10 Hal ini


Doc. Pribadi


Bepergian secara solo traveling memang menyenangkan. Pertama saya bisa mengatur sendiri waktunya karena nggak harus ribet menyamakan jadwal. Maklum, saya punya banyak teman, tapi mereka pada sibuk. Kedua bisa quality time dengan diri sendiri sehingga bisa lebih menikmati dan lebih tau apa sih keinginan dan tujuan dalam liburan kali ini. Ya, ibarat lebih kusuk buat berkontemplasi, hehe. Ketiga, membuat lebih berani menghadapi tantangan. Itu sangat penting buat saya yang notabenenya anak terakhir alias bungsu.

Memang, bepergian sendirian ke luar negeri membuat saya merasa sendirian berada di dunia yang luas ini. Tapi kalau mampu menaklukkannya, saya termasuk orang yang berani. Apalagi ketakuan utama solo traveler adalah keamanan selama perjalanan itu sendiri.


Biar bagaimana pun juga, solo traveling tetap menjadi tantangan yang asik, asalkan saya bisa memastikan beberapa hal. Di tengah tahun 2017 saya pernah melakukan perjalanan ke Singapura dan Malaysia berdua dengan teman saya. Nah, ke depan saya ingin sekali ke luar negeri sendirian. Ada beberapa hal yang harus saya perhatikan, seperti:


  1. Ititenarary lengkap

Sebelum berangkat, susunlah jadwal selengkap dan sejelas mungkin. Persiapkan segala komodasi sejak masih di Indonesia agar nantinya kamu nggak perlu bingung dan merubahnya. Lebih baik lagi kalau kamu memiliki kontak pribadi pemilik penginapan dan tempat-tempat yang jadi tujuanmu.

2.            Perrcaya insting

Dalam bepergian sendiri kamu nggak bisa lagi bergantung dan mengandalkan orang lain. Jika menghadapi keraguan, hanya dirimu sendirilah yang bisa kamu tanyai. Jawaban tersbeut ada pada instingmu.

Selain percaya pada insting juga harus hati-hati. Jika merasa bahaya, sebaiknya bergabung dengan rombongan lain yang kamu percaya.

3.            Hati-hati pencopet. Kunci koper

Berada jauh dari rumah membuatmu harus lebih berhati-hati dengan barang bawaan. Simpanlah barang berharga seaman mungkin. Jika menggunakan koper, pakailah kunci koper agar barangmu lebih aman. Jika menggunakan tas tenteng, letakkan di depan badanmu, jangan di belakang.

4.            Berkenalan dengan teman baru

Manfaatkan solo traveling ini dengan berkenalan pada lebih banyak orang sesame traveler. Kalau mengalami kesulitan, jangan pernah ragu untuk meminta bantuan bahkan bergabung dengan mereka. Bersikap baik dan ramahlah pada mereka agar mereka melakukan hal yang sama terhadapmu. Tapi ingat, sebelum memutuskan untuk bergabung, kamu harus bisa meyakinkan kalau mereka benar-benar baik dan bisa dipercaya.

5.            Jika tersesat, berjelajahlah!

Jika tersesat, apa yang harus dilakukan? Ya menikmati petualangan menjelajah tempat baru tersebut. Lama-lama juga akan falimiliar. Toh kamu bisa bertemu dengan orang yang dengan  senang hati membantumu menunjukkan jalan kembali.

6.            Berbicara dengan penduduk setempat

Bersikap ramah dan murah senyum akan sangat membantumu selama perjalanan solo traveling. Mereka yang kamu berikan senyum tentu akan sungkan untuk nggak membantumu. Dengan melakukan komunikasi dengan penduduk setempat akan membuatmu lebih paham daerah tersebut dan merasa seperti berada di rumah sendiri.

7.            Kabari selalu selama traveling

Seaman apapun selama perjalanan sendiri di luar negeri, tetap ada keluargamu yang khawatir di rumah. Jangan lupa untuk selalu mengabari mereka di mana keberadaanmu setiap saat.

8.            Bawa uang cash lebih banyak

Saat ini kamu pergi sendirian. Nggak akan ada yang meminjamimu uang jika ternyata uang cash yang kamu bawa kurang. Oleh karena itu, bawalah uang lebih banyak untuk berjaga-jaga. Tapi usahakan untuk tetap berhemat selama perjalanan, ya.

9.            Kopi ulang dokumen

Untuk berjaga-jaga, mengkopi ulang dokumen seperti pasport, tiket perjalana, dll memang perlu. Setelah itu, simpanlah kopian dokumen tersebut pada tempat berbeda.

10.         Komunikasi pihak hotel

Sebelum keluar dari hotel, pastikan kamu memiliki arah tujuan yang jelas. Untuk itu, kamu bisa konsultasi dengan pelayan hotel. Nantinya, pelayan hotel juga akan dengan senang hati memberikan tips seputar rute jalan, objek wisata, bahkan menjaga keamanan .


Bagaimana, sudah siap untuk solo traveling ke luar negeri? Kira-kira Negara mana yang akan kamu tuju?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar